Kelas Maya
A. Pengertian Kelas Maya (Virtual Class)
Virtual class dalam arti bahasanya adalah kelas virtual atau kelas maya. sedangkan menurut istilah adalah sebuah lingkungan belajar yang ada hanya
dalam konten digital yang disimpan, diakses dan dipertukarkan melalui jaringan
komputer dan sistem informasi, sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan
saja.
Dalam virtual
class dapat diketahui kemajuan (progress)
proses belajar, dimana dapat dipantau baik oleh pengajar maupun peserta didik.
Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh (distance education), sistem
tersebut juga dapat digunakan sebagai tambahan atau penunjang
dalam kelas tatap muka.
1. Aktivitas
Sistem Virtual Class
Kegiatan
belajar yang dilaksanakan oleh siswa dapat digambarkan secara umum sebagai
berikut:
a. Siswa
menempati kelas dengan jadwal tertentu. Kelas tersebut khusus
disediakan untuk pembelajaran secara virtual, sehingga pada kelas
telah dilengkapi dengan pengeras suara, LCD komputer, microphone, dan beberapa
kamera pengawas. Alat-alat tersebut terhubung melalui jaringan ke
komputer milik guru atau pengawas
b. Interaksi
antara siswa dengan guru di lakukan secara terpisah dengan syarat waktu kelas tetap
disepakati bersama antara keduanya.
c. Siswa yang
berada di kelas, mengikuti presentasi melalui web virtual class yang juga
menampilkan wajah guru. Jika ada pertanyaan, siswa tinggal maju kedepan dan
bertanya melalui michrophone.
2. Penerapan
Sistem Virtual Class
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam penerapan virtual class, adalah sebagai berikut:
a. Ketersediaan
hardware dan
b. Tersedianya
infrastruktur jaringan pendukung yang memadai
c. Kebijakan yang
mendukung pelaksanaan
3. Hasil
Pelaksanaan Virtual Class
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam pelaksanaan virtual class agar mendapatkan hasil yang max adalah sebagai
berikut:
a.
Virtual Class harus dapat menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu juga menciptakan suasana belajar
di kelas yang lebih interaktif dan dinamis. Hal tersebut antara lain dapat
diwujudkan dengan merumuskan tujuan pembelajaran yg jelas dan spesifik,
menyusun bahan belajar yang baik, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi
timbal balik antara siswa dan guru.
b. Virtual Class
harus dapat menyediakan berbagai fasilitas kelas yg terintegrasi (bahan ajar,
rencana pembelajaran, tugas tugas dan penilaian hasil belajar) dan dapat
mengukur pencapaian kopetensi siswa.
c.
Virtual Class juga perlu dirancang
supaya siswa dapat berbagi (share) hasil karya dan bertukar pengalaman dalam
menerapkan pengetahuan yang telah diperolehnya. Misalnya konferensi jarak jauh
atau desktop video conference dapat digunakan untuk ceramah atau penyajian. Dapat
juga dilakukan simulasi secara online mengenai penerapan pengetahuan tentang prosedur
melakukan sesuatu yang baru dipelajari. Simulasi seperti ini harus dirancang
untuk dapat memperoleh umpan balik, sehingga dapat diketahui apakah penerapan
pengetahuan yang disimulasikan tersebut benar atau salah.
d. Virtual Class
harus dapat meningkatkan motivasi sekolah siswa.
B. Jenis-Jenis Penyampaian di Kelas
Maya
1.
Learning Management System (LMS)
LMS adalah perangkat lunak untuk
perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam sebuah
organisasi, termasuk online, ruang kelas virtual, dan program instruktur yang
terpimpin.
2.
Learning Content Management System
(LCMS)
LCMS merupakan pengembangan lebih
lanjut dari LMS. LCMS adalah perangkat lunak untuk mengelola konten
pembelajaran di berbagai bidang pelatihan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat
membuat, mengelola dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola
dan mengedit semua bagian yang membentuk sebuah katalog pelatihan. Aplikasi
LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari dan
menggunakan kembali unit kecil dari konten pembelajaran digital dan aset,
sering disebut sebagai objek pembelajaran. Aset ini dapat mencakup file media
yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi, teks, gambar atau benda lain
yang membentuk konten dalam kursus tersebut diciptakan.
3.
Social Learning Network (SLN)
SLN adalah pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih
luas daripada individu atau kelompok belajar, hingga skala sosial, melalui
interaksi sosial antara rekan-rekan. Ini mungkin atau mungkin tidak
menyebabkan perubahan sikap dan perilaku.
C.
Manfaat Edmodo sebagai Social Learning Network
Edmodo adalah platform media sosial yang sering
digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak
lagi sesuai dengan kebutuhan. Edmodo merupakan aplikasi yang menarik bagi guru dan siswa dengan
elemen sosial yang menyerupai Facebook, tapi sesungguhnya ada nilai lebih besar
dalam aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial ini.
Edmodo (dirancang oleh pendidik) yang
juga berbasis cloud kolaborasi merupakan aplikasi yang cukup aman digunakan
oleh guru dan siswa. Seorang guru, sekolah, kabupaten/kecamatan dapat dengan
mudah mengelola sebuah sistem yang menyediakan fitur terbaik dan praktis menghilangkan
kecemasan kita terhadap aktivitas yang biasa siswa lakukan dengan internet khususnya
facebook.
Dengan platform ini Anda lebih mudah
untuk memonitor interaksi siswa Anda dalam edmodo learning environment. Tidak
ada yang bisa masuk ke ruang edmodo Anda tanpa undangan, dan siswa tidak dapat
menggunakannya untuk berhubungan dengan orang asing seperti yang terjadi di
facebook. Anda dapat dengan mudah mengetahui jika ada pelanggar/penyusup/orang
asing yang terdaftar di kelas yang Anda kelola dengan edmodo.
Edmodo sangat komprehensif sebagai
sebuah course management system seperti layaknya Moodle, bedanya adalah
aksesnya lebih cepat dan lebih mudah penggunaannya dengan beberapa fitur yang
fungsinya sama seperti layaknya sebuah course management system.
D. Perbandingan Edmodo dan Facebook
Edmodo menggunakan jejaring sosial untuk pembelajaran dengan
memperhatikan:
1. Setiap
kelas/kelompok virtual dikelola oleh Guru.
2. Setiap kelas
memiliki kode kelas yang akan digunakan sebagai password bagi siswa untuk masuk
kelas.
3. Siswa hanya
dapat berkomunikasi ke seluruh kelas/kelompok dan guru. Tidak terjadi komunikasi
pribadi antar siswa.
4. Posting
dikelola oleh guru; posting yang tidak perlu dapat dihapus oleh guru.
5. Jika
diperlukan, sekolah (Kepala Sekolah/Pengawas) dapat ikut serta dalam kelas
danmelihat aktifitas kelas.
6. Orang tua
dapat disertakan untuk melihat aktifitas kelas.
E. Pemanfaatan Edmodo Untuk
Pembelajaran
Edmodo seperti
media pembelajaran lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform online untuk
mendorong pembelajaran guru, atau dapat menjadi cara lebih kreatif untuk
melibatkan para siswa dalam pembelajaran kolaboratif dan kognisi terdistribusi
(Jenkins). Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting
adalah platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar
yang positif. Platform ini memberikan siswa jalur untuk berinteraksi dengan
rekan-rekan mereka dan guru mereka dalam suasana akademis. Lebih jauh lagi
penggunaan platform ini dapat mengajarkan siswa untuk bagaimana berperilaku
secara online dan bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka
dengan sistem yang keamanannya terjamin.
Pada
hakikatnya platform ini adalah mudah dipelajari dan mudah digunakan terutama bagi para guru yang menganggap dirinya
berada di luar basis pengetahuan teknologi yang berkembang saat ini. Edmodo
menyediakan lingkungan di mana mengajar dan belajar dapat menghasilkan kegembiraan siswa, siswa
menjadi lebih mandiri, tanpa melupakan standar pengukuran keberhasilan siswa. Tidak
dapat dipungkiri bahwa siswa akan menyukai pembelajaran lewat platform ini, dan
ketika siswa merasa senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi materi baru
dan sulit akan meningkat. Edmodo adalah salah satu cara untuk membangun semangat
siswa untuk belajar.
F.
Edmodo Framework
Edmodo
dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas berbasis kelompok
dan juga sosial media. Fitur utama dari edmodo adalah dukungan aktif terhadap
model komunikasi dari sosial media online, yang ditambahkan dengan fitur online
learning material dan online evaluation.
Gambar 2. 1. Diagram Sosial Media Edmodo
G.
Fitur-Fitur Edmodo
Dibandingkan
dengan media sosial maupun LMS lainnya, edmodo memiliki beberapa
kelebihan sebagai berikut:
1. Mirip
facebook, mudah digunakan.
2. Closed
group collaboration: hanya yang memiliki group code yang dapat
mengikuti kelas.
3. Free, diakses
online, dan tersedia untuk perangkat smart phone (android dan Iphone).
4. Tidak
memerlukan server di sekolah.
5. Dapat diakses
dimanapun dan kapanpun.
6. Edmodo selalu
diupdate oleh pengembang.
7. Edmodo dapat
diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu kota/kabupaten.
8. Edmodo dapat
digunakan bagi siswa, guru, dan orang tua.
9. Edmodo
digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan model sosial media, learning material,
dan evaluasi.
10. Edmodo
mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher
collaboration.
11. Terdapat
notifikasi
12. Fitur Badge
dapat
dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi siswa.
Komentar
Posting Komentar